Pada kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman mengenai penggunaan Payoneer, karena Sejak tahun 2016 saya mulai mengumpulan recehan Dollar dari beberapa marketplace Internasional, mulai dari Teespring, Gearbubble, Fiverr, 99design dan Shutterstock. buat sebagian orang, mungkin apabila ditanya tentang cara bertransaksi online yang Aman dengan jangkauan Internasional, mungkin mayoritas menjawab : “Paypal..!” ya benar saja..karena paypal memang secara brand sudah lekat di benak orang-orang dan lebih dulu ada dibandingkan dengan Payoneer. dan saya pun awal-awal terjun ke transaksi Internasional juga buat akun Paypal. akan tetapi saat ini saya akan membahas Payoneer  (Paypal nanti saya buatkan tulisan terpisah).
Ya.. saya akan memberikan informasi mengenai tata cara membuat akun Payoneer. (bagi yang belum mempunyai ataupun belum tau),
Sebelumnya apakah Payoneer itu ? Payoneer adalah platform yang menyediakan layanan tarik (Withdraw/WD) & kirim  (Transfer/Send) uang secara Global ke lebih 200 negara dengan 150 mata uang. Selain itu Payoneer merupakan Member Service Provider (MSP) dari MasterCard worldwide.
Jadi Payoneer merupakan perusahaan resmi, terpercaya yang menawarkan sistem pembayaran online yang memudahkan Anda untuk bertransaksi secara International. .
Apakah fungsi Payoneer dengan Paypal mirip ? Kurang lebih iya, ada fitur-fitur yang ada di Payoneer yang Paypal tidak punya. Begitu pun sebaliknya. .Lalu apakah kelebihan Payoneer dibanding Paypal ? kalo menurut pengalaman saya, karena saya memakai keduanya, pada saat saya menjadi Buyer saya sering menggunakan Paypal, tapi pada saat saya menjadi Seller saya pastinya akan memilih Payoneer (karena potongan kecil, ngga ribet verifikasi dengan kartu kredit/VCC, tidak terbentur limit transaksi  dan waktu penarikan lebih cepat).
.
Apa yang perlu dilakukan untuk membuat akun Payoneer?
1) Anda cukup mendaftar menggunakan nomor KTP dengan no rekening Bank yang masih aktif. Jadi tidak perlu menggunakan verifikasi kartu kredit / VCC ==> Memudahkan orang yang tidak punya kartu kredit. (ini salah satu kelebihan Payoneer dibandingkan dengan Paypal)
.
2) Tidak ada limit untuk penarikkan, kalau Paypal biasanya ada limit pengambilan sebesar USD 10.000 / bulan. Jadi menggunakan Payoneer anda tidak perlu was-was terkena over limit penarikan. tapi di Payoneer ada limit/batasan minimal untuk penarikan, yaitu $50. kalo saldo kita dibawah $50, dipastikan dana tersebut tidak bisa kita WD ke bank Lokal.
.
3) Payoneer dapat mentransfer uang komisi hasil penjualan bisnis Affiliate, dan komisi dari marketplace yang lain langsung ke rekening Bank Lokal anda.
.
4) Kalau anda merasa ingin praktis, tidak mau mengirim uang hasil komisi ke Bank Lokal. Payoneer juga menyediakan fasilitas kartu Prepaid MasterCard, kartu ini dapat digunakan untuk belanja di semua merchant (mesin EDC) ataupun tarik tunai di mesin ATM yang berlogo MasterCard di seluruh dunia. Catat di seluruh dunia !
.
5) Fitur keren Payoneer yang lain, Payoneer menerima pembayaran komisi dari semua Affiliate Marketing seperti : Amazon, Teespring, Etsy, Shopify, dll.
Oke langsung saja kita buat akun baru Payoneer, berikut langkah-langkahnya :
.

1.  Silakan klik link disini.

2. Klik tombol Sign Up & Earn $25

3. Tahap pertama anda akan disuruh mengisi data diri. Isi semua data sesuai dengan KTP, lalu klik Next

catatan: Jika nama anda hanya terdiri dari 1 kata, contoh: AHMAD. maka pengisiannya dengan cara pengulangan nama depan dan belakang, diisi nama depan: AHMAD dan nama belakang: AHMAD. sementara jika nama anda lebih dari 2 kata, contoh: AHMAD BASRI HIDAYAT, maka penulisannya seperti ini, nama depan: AHMAD BASRI, nama belakang: HIDAYAT 

Tahap kedua anda akan disuruh mengisi lagi kolom-kolom tentang kontak details, Isi sesuai KTP. Khusus untuk kolom Alamat, maksimal karakter huruf yang dapat dimasukkan adalah 40 karakter. Jadi kalau alamat anda cukup panjang. Dipersingkat saja sampai 40 karakter per kolom setelah itu dilanjutkan ke kolom kedua. Kalau tidak begitu akan terus muncul tanda merah & keterangan : “Maksimum Field Length of 40 for address was exceeded”. Setelah semua kolom diisi klik Next.

Tahap ketiga anda akan ditanya Password yang diinginkan (minimal 7 karakter dengan kombinasi huruf dan angka), serta buatlah pertanyaan security untuk: – mencegah orang lain menghack akun Payoneer – sebagai pertanyaan saat anda lupa Password. Anda juga akan diminta memasukkan no KTP / Paspor, saya sarankan isi no KTP saja. lalu Next.

Tahap Keempat, anda akan diminta memasukkan :

– Nama Lengkap : sesuai di buku rekening bank anda – No Rekening bank (DISINI saya kasih contoh untuk pemilik rekening BCA ya..untuk pemilik rekening Bank lain, bisa browsing atau hubungi CS Bank masing-masing.
– Swift / BIC = kalau bank BCA : CENAIDJA, dan Mandiri : BMRIIDJA untuk bank lain silakan ditanyakan/telp CS bank anda. (di pendaftaran terbaru Payoneer, sudah tidak dijumpai lagi permintaan Swift/BIC, jadi bisa diabaikan saja)
– Bank Clearing Code/ Branch code : ini adalah nomor cabang tempat anda membuka rekening & selalu 4 Digit.
    • Clearing Code BANK BCA. Biar lebih yakin telp CS bank anda, untuk BCA di no 1500888. Cth infonya : BCA KCU BANDUNG 0140008 , untuk 3 digit didepan yaitu 014 = ini adalah kode bank dari Bank Indonesia, ambil 4 digit yang ada dibelakang : 0008 ==> inilah Cleariang code Bank anda.
  • Clearing Code Bank MANDIRI, karena saya lokasinya di Bandung maka saya beri contohnya seperti ini : 0083014BANK MANDIRI KC BANDUNG SURAPATIJL. SURAPATI NO. 2 BANDUNG, untuk 3 digit didepan yaitu 008 = ini adalah kode bank dari Bank Indonesia, ambil 4 digit yang ada dibelakang : 3014 ==> inilah Cleariang code Bank Mandiri anda. untuk yang lokasinya berbeda dengan contoh bisa disesuaikan ya.
  • Branch code BCA lihat disini.
  • Branch code Bank Mandiri lihat disini.

.
Selamat anda sudah selesai membuat akun baru di Payoneer!
Silakan menunggu 2-3 hari kerja untuk diverifikasi melalui email. Kalau saya kemarin ditanya oleh Payoneer nama lengkap saya dan (USAHAKAN wajib Nama Lengkap sesuai dengan yang tertera di Buku Rekening Tabungan kita), setelah itu langsung disetujui hari itu juga.
Setelah akun Payoneer anda disetujui, anda baru bisa minta dikirimkan Kartu Prepaid MasterCardPayoneer. (saran saya..NGGA PERLU request ini, dan juga aturan terbaru adalah mengharuskan ada sekian $ dana yang ada diakun Payoneer, baru bisa mengajukan Kartu Debit).
.
Info tambahan satu orang cukup 1 akun saja, tidak perlu banyak akun Payoneer.
II. Untuk tutorial pemesanan kartu Payoneer,
“SARAN SAYA (kembali saya ingatkan hahaha) : tidak perlu request kartu, ini nanti akan dikenakan biaya tahunan kartu, biaya kalo mau withdraw ke bank lokal,dll “
Di post ini saya akan menginformasikan bagaimana cara kita Request Kartu Prepaid MasterCard Payoneer.
Oke kita asumsikan status akun Payoneer anda sudah aktif. Saatnya untuk request kartu, ada tapinya ya..enaknya di Payoneer kita bisa request kartu seperti layaknya kartu ATM bank lokal kita, dimana kita bisa menarik saldo yang ada di akun payoneer kita apabila kita menemukan mesin ATM yang berlogo MASTERCARD dan VISA di seluruh Dunia, misal teman-teman lagi liburan keluar negeri, terus butuh uang, langsung deh kalo ketemu ATM berlogo mastercard dan Visa (tergantung yg tertera di kartu ATM si Payoneer ya), bisa langsung tarik tunai di ATM tersebut. tapi kalo jarang keluar negeri..mending ngga usah apply minta kartu deh..soalnya kalo nanti kartu ATM ini sudah diaktifkan, maka nanti ada biayanya ini rincian biaya di payoneer (hanya untuk yang sudah punya akun buat login) >> disini
langkah-langkahnya:
1) Silakan ke website Payoneer & login ke akun anda.
2) Lalu pilih USD balance & klik tombol “Order Card” posisinya dikanan atas, kalau tidak ada bisa cari LOGO GAMBAR KARTU seperti dibawah ini :

seperti ini atau

posisinya ditengah website
3) Masukkan alamat pengiriman Anda (ini tidak perlu sesuai yang tertera di KTP tidak apa apa ya, ini adalah dimana kartu payoneer mau kita terima di alamat kita tinggal). Lalu, klik tombol “Order”
4) Masukkan tanggal lahir dan sandi akun Payoneer Anda.
5) Anda akan menerima pesan konfirmasi atas pemesanan Kartu lewat email.
6) Untuk Mengetahui lamanya estimasi pengiriman kartu : Klik no prepaid kartu dimenu antara USD Balance & EUR Balance.
7) Klik tombol warna Orange “Activate”
8) lihat di step ketiga tanggal estimasi kapan Anda akan menerima Kartu melalui pos. (kalo saya nerima sekitar 2 mingguan sejak apply)
9) Sekarang Anda tinggal menunggu kartu sampai dialamat rumah Anda.

surat cinta dari Payoneer

Kartu Payoneer yang udah diterima
III. Step selanjutnya, setelah menerima kartu kita harus mengaktifkannya. Cara mengaktifkan kartu :
1) Silakan ke website Payoneer & login ke akun anda.
2) Klik no prepaid kartu dimenu antara USD Balance & EUR Balance.
3) Klik tombol warna Orange “Activate”
4) Klik tombol “Card Activation” dan isi data sesuai data yang pernah anda input sebelumnya berikut no PIN-nya.
5) Selamat kartu Prepaid MasterCard Payoneer sudah aktif.
NB : buat yang suka jalan-jalan ke Luar Negeri, Kartu ini sangat bermanfaat banget..kita bisa tarik dan belanja di mesin ATM ataupun mesin EDC yang ada di seluruh dunia. ( dan meninggalkan cara konvensional kalo keluar negeri dengan membawa uang cash mata uang asing..hehehehe)
karena ada beberapa kartu keluaran Indonesia yang berlogo Visa / Mastercard. ternyata waktu tarik tunai di negara Swiss tidak bisa/berlaku. ( ini cerita sodara saya waktu liburan ke eropa).
PS : Kenapa saya sangat merekomendasikan Payoneer. mungkin screenshot dibawah ini bisa menjelaskannya.

Kurs lebih tinggi IDR 13.065 pada saat bersamaan kurs Paypal hanya IDR 12.900

Masuk Ke rekening Mandiri saya, sama perhitungannya sampai koma-komanya.. tidak ada Fee bank ataupun potongan ini itu
Terakhir kalau anda merasa tutorial ini berguna silakan bagikan ke teman-teman yang lain.
pilihan ada pada anda..disesuaikan dengan kebutuhan ya.