Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat (Foto. IST)

BDGNEWS.BIZ – Terkait pemberitaan bahwa DPRD Provinsi Jawa Barat dan Gubernur Jawa Barat bersetuju membentuk daerah persiapan tiga kabupaten di Jawa Barat (13/5/2022), yakni Kabupaten Tasikmalaya Selatan (Tasela), Garut Utara (Gatra), dan Cianjur Selatan:

“Kita ketahui bahwa persetujuannya tercantum dalam Surat Bernomor 12367/OD.02/DPRD tertanggal 28 April 2022 dan Nomor 02/HUB.03.10.03/PEMOTDA. Melalui surat persetujuan Pembentunan Daerah Persiapan Kabupaten Tasela, Gatra, dan Cianjur Selatan, telah ditandatangani oleh empat pimpinan DPRD Provinsi Jawa Barat, juga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil,” papar Taufik Hidayat kepada redaksi (19/5/2022).

Penelusuran redaksi, ke empat pimpinan DPRD yang menandatangani surat terebut di antaranya Taufik Hidayat sebagai Ketua DPRD Jawa Barat, serta Wakil Ketua DPRD yaitu Ineu Purwadewi Sundari, Achmad Ru’yat, Ade Ginanjar, dan Oleh Soleh.

Diketahui tercantum dalam surat ini disetujui bahwa Pemprov Jawa Barat akan memberikan dukungan dana kepada tiga Calon Daerah Otonom Baru (CDOB), ini dilakukan demi penyelenggaraan pemerintahan daerah persiapan selama tiga tahun berturut-turut.

“Ini maknanya setelah Gubernur dan DPRD Jabar menyetujui, tinggal menunggu keputusan dari pemerintah pusat, dalam hal ini presiden,” jelas Taufik Hidayat.  

Sekedear info, melalui usulan tiga calon daerah otonomi baru ini, maka jumlah yang diusulkan oleh Pemprov Jabar menjadi delapan.

“Bila ditambah dengan 27 kota dan kabupaten di Jabar saat ini,  inipun bila moratorium oleh pemerintah pusat dibuka, Jabar bisa punya 35 kota dan kabupaten. Mohon dicamkan, ini semata demi memperlancar rentang kendali. Lagi pula penduduk Jabar sudah sekitar 50 juta jiwa Pemekaran yang terkendali adalah hal esensial bagi Jabar,”terangnya sambil memungkas – “Mari kita upayakan pemekaran ini secara terencana dan bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat.” (HNY/HS)